Sahabat Binar Surya Lestari Farm.

Dengan melihat 3 rujukan data yang dihimpun dari beberapa sumber, membuat kami sungguh terkejut dan sangat antusias. Data yang kami maksud adalah:

  1. Kebutuhan Daging Nasional per tahun
  2. Angka Kelahiran Bayi Per tahun
  3. Jumlah Penduduk Indonesia

 

Kebutuhan Daging Nasional

Kebutuhan daging nasional saat ini telah menyentuh angka 500 ribu ton per tahun. Dari angka tersebut kita coba berasumsi, daging domba berkontribusi (hanya) sebesar 3%. Angka 3% setara dengan 15 ribu ton daging domba atau 15 juta kilogram Karkas Domba. Bila 1 ekor domba menyumbang karkas sebanyak 15 Kg, maka setiap tahun diperlukan kurang lebih 1 juta ekor domba dipotong untuk memenuhi kebutuhan daging nasional.

 

Angka Kelahiran Bayi per Tahun

Angka Kelahiran Bayi di Indonesia per tahun mencapai 4 juta bayi. Angka ini cukup fantastis dan cukup membuat pemerintah berfikir keras agar tidak terjadi ledakan penduduk di Indonesia….semoga pemerintah concern dan mencari jalan keluar akan bahaya ledakan penduduk tersebut.

Namun bila kita melihat sudut lainnya, angka kelahiran sebesar 4 juta orang merupakan potensi dan opportunity yang luar biasa. Katakan saja dari angka 4 juta kelahiran bayi tersebut, ada sebanyak 1 juta (25 %) yang melaksanakan Aqiqah, artinya kebutuhan domba sebesar 1 juta hingga 2 juta ekor per tahun.

Jumlah Penduduk Indonesia

Penduduk Indonesia saat ini berkisar 250 juta orang. Sangat besar dan sangat fantastis jumlahnya. Bilamana ada 1% dari total penduduk yang melaksanakan ibadah qurban, maka diperlukan 2,5 juta ekor domba kurban yang dipotong setiap tahun.

Dari ketiga data rujukan diatas, potensi kebutuhan domba secara nasional sebesar 4,5 juta hingga 5,5 juta ekor domba per tahun. Apakah angka tersebut telah dapat dipenuhi oleh peternak/petani yang ada di Indonesia saat ini? Jawaban harus dapat terpenuhi….karena bila tidak terpenuhi, maka mekanisme import akan menjadi pilihan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

Swasembada ternak domba perlu kita jaga dan kita pertahankan. Swasembada ternak hanya dapat dipenuhi dengan mengintegrasikan dunia pertanian dan peternakan secara baik. Mekanisme seperti itu kami namakan Green Farm Ecosystem.

Gagasan Green Farm Ecosystem mengandung pengertian adanya simbiosis mutualisme antara dunia pertanian dan peternakan dengan mengutamakan teknologi Green / Ramah Lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Kami sangat senang anda dapat berkunjung ke peternakan kami dan berdiskusi untuk kemajuan budi daya domba (khususnya domba garut) di Indonesia.

Note : Informasi diatas telah disampaikan pada acara BBM-an (Belajar Bersama Masyarakat) pada tanggal 22 September 2013 di workshop Binar Surya Lestari Farm.

 

INFORMASI DETIL, SILAHKAN HUBUNGI :

No HP    :  0811 9999 863

WA         :  0811 9999 863

PIN BB   :  5792EE49

e-mail    :  marketing@dombaku.com atau dombaku.com@gmail.com

Potensi Kebutuhan Domba Garut Semakin Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *