Menjelang Idul Qurban, biasanya banyak pihak yang terlibat dalam event ibadah ini. Mulai dari para Pe-Qurban, Panitia-paniti Qurban di Mesjid dan Instansi, Peternak dan bahkan Pedagang Ternak Qurban.

Sudut pandang Pe-Qurban, biasanya menghendaki ternak qurban yang prima, sehat, berkualitas dan sesuai dengan niat ibadah Qurban itu sendiri. Bila dilihat dari sudut pandang Panitia Qurban, kurang lebih sama dengan Pe-Qurban, mungkin lebih ketat lagi, yaitu menjaga amanah dan mengelola pelaksanaan Qurban sesuai syariah dan kualitas ternak sesuai harapan.

Beberapa pe-qurban yang khususnya pe-qurban perseorangan biasanya sedikit bingung saat membeli dan memilih ternak qurban dikarenakan ada sebagian pedagang ternak qurban dan beberapa peternak lebih senang dengan menjual ternak Qurban dengan sistem yang disebut “Jogrok”. Sepintas sistem ini sederhana dan simpel, namun ada sisi yang kurang sesuai dengan semangat ber-Qurban. Semangat ibadah Qurban adalah ber qurban yang terbaik. Beberapa kejadian saat Qurban, ternak qurban yang dibeli dengan sistem ini masih dibawah performa kualitas yang diharapkan.

Sistem jogrok hanya mengandalkan visual / tampilan fisik dari ternak Qurban saja dan tidak mencerminkan quality of product ternak Qurban itu sendiri. Terkadang pembeli / pe-qurban tersamar dengan ternak Qurban yang berbulu lebat yang menutupi kualitas tubuh ternak itu sendiri, atau ada sebagian terkesima dengan ternak yang tinggi tetapi badannya ramping dan tidak berisi.

Peternak dan pedagang ternak Qurban yang mau menggunakan sistem timbang hidup biasanya lebih dapat diandalkan dalam hal qualitas ternak nya. Sistem ini lebih mendekati hakekat qurban dengan ternak qurban terbaik. Bagi pe-qurban, sistem ini menjamin kualitas ternak sesuai dengan harapan, yaitu tampilan sempurna dan bobot/kualitas yang sempurna pula. Bagi peternak, sistem ini menghindari kecurigaan adanya kecurangan dalam hal jual beli ternak qurban yang tidak sesuai spek yang dijanjikan.

Semoga informasi ini memberikan pencerahan dan selamat ber-qurban bagi sahabat-sahabat Binar Surya Lestari Farm.

Sistem Timbang atau Jogrog dalam Pembelian Ternak Kurban?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *